5 Hal yang Anda Perlu Tau Sebelum Menggunakan Jasa Digital Marketing Agency

Lebih dari 175 juta orang di Indonesia sudah menggunakan internet. Jadi sudah tidak diragukan lagi bahwa Anda bisa mendapatkan perhatian mereka melalui internet.

Dan sekarang pertanyaan terbesarnya adalah…

Bagaimana cara menggunakan Digital Marketing untuk bisnis Anda?

Dan jika Anda perlu bantuan tentang ilmu Digital Marketing…

Bagaimana seharusnya Anda mencari bantuan?

Hari ini, kami akan mengungkapkan kepada Anda 5 Langkah yang harus Anda perhatikan sebelum menggunakan jasa Digital Marketing Agency untuk bisnis Anda.

Langkah #1: Tanya pada Digital Marketing Agency tersebut, strategi marketing apa yang perlu dilakukan oleh bisnis Anda

80% bisnis TIDAK perlu “taktik” atau “gimik” Digital Marketing, seperti taktik targeting Facebook Ads terbaru, funnel yang rumit, dan hal-hal serupa.

Yang mereka butuhkan adalah STRATEGI MARKETING YANG LEBIH BAIK.

Rory Sutherland dari Ogilvy bilang: “The next big thing in marketing is not technology, It is psychology.”

Yang Anda perlu fokuskan adalah bagaimana membuat strategi marketing, offer, marketing message yang lebih baik dari sebelumnya…

atau jika Anda yakin bahwa offer Anda sudah bagus, berarti Anda perlu mencari cara yang efektif untuk “menyebarkan” offer tersebut ke target audience Anda!

Masih belum kebayang?

Di tahun 1950, ada orang yang “dewa” beriklan di koran, Louis H, Engel.

Yang dia lakukan bukan sekedar mencari “trik” atau “gimmick” font, dan penempatan iklan dia di koran…

Melainkan dia menggunakan strategi yang belum orang-orang lakukan DAN berhasil mendapatkan perhatian dari ideal buyersnya…

Yang dia lakukan?

Dia tidak menulis iklan singkat, padat, jelas, dan eye-catching seperti iklan lainnya…

Dia membuat artikel 6,450 kata di koran yang menjelaskan tentang apa itu saham dan bonds, dan bagaimana orang-orang bisa membeli saham dan bonds.

Aneh kan strategi marketingnya?

Artikel 6,450 kata. DI KORAN!

Tapi hasilnya akan mengejutkan Anda…

Iklan artikel tersebut membawa lebih dari 3 JUTA LEADS untuk bisnisnya, meledakkan bisnisnya sampai terkenal seperti sekarang.

Jadi kesimpulannya?

Bukan tentang teknologi terkini, trik, dan gimik. Di tahun 1950 belum ada internet… belum ada sosial media… belum ada google.

Yang terpenting adalah psikologi marketing Anda…

Apa yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan perhatian ideal buyers Anda, membuat mereka membeli, dan membuat mereka loyal terhadap brand/bisnis Anda.

Inilah yang saya maksud dengan strategi marketing.

Langkah #2: Cek apakah Digital Marketing Agency tersebut benar-benar menjalankan yang mereka klaim.

Anda perlu tau, di Indonesia banyak sekali Digital Marketing Agency yang meng-klaim bahwa mereka adalah yang terbaik di Facebook Ads, SEO, content marketing, dll…

Tapi…

Bahkan agency-agency tersebut tidak menjalankan Facebook Ads.

Itu sama saja dengan guru berenang, ngajarin Anda cara berenang, tapi dia tidak bisa berenang!

Aneh kan?

Nah sekarang Anda bayangkan jika Digital Marketing Agency tersebut bilang bahwa Anda perlu mendapatkan traffic dari Facebook Ads karena sangat menguntungkan, tapi mereka sendiri tidak menjalankan Facebook Ads buat Agency mereka…

Kemungkinan besar mereka hanya tau ilmu teorinya, tapi tidak handal dalam ilmu praktisinya.

Contohnya bagaimana?

Contohnya mungkin Anda sekarang melihat artikel ini karena awalnya Anda melihat iklan kami dari Facebook Ads.

(dan bahkan mungkin dari SEO juga…)

Dan kami terus mengeluarkan uang untuk menjalankan Facebook Ads dan mendapatkan lebih banyak paid traffic karena iklan tersebut menguntungkan untuk kami.

Intinya…

Pastikan agency tersebut menjalankan apa yang mereka klaim/bilang.

Langkah #3: Minta case-study client yang mirip dengan bisnis Anda

Cara fantastis untuk tau apakah Anda akan berhasil dengan partner Digital Marketing Agency Anda adalah…

Dengan meminta case-study client Agency tersebut, yang mirip dengan bisnis/industri Anda.

Nah mungkin Anda berpikir…

Kalo Agency tersebut bekerjasama dengan kompetitor saya, bahaya dong jika saya bekerjasama dengan Agency tersebut?

Nanti strategi marketing saya bisa ketauan oleh kompetitor saya?

Saya mau Anda punya perspektif yang berbeda 180 derajat dari itu.

Jika Digital Marketing Agency tersebut sudah BERHASIL meledakkan omzet bisnis yang mirip dengan bisnis/industri Anda, nah kemungkinan besar langkah-langkah tepat yang bisa dilakukan untuk meledakkan omzet bisnis Anda sudah diketahui oleh Agency tersebut.

Seperti pepatah, “Don’t reinvent the wheel.”

Dengan meminta case-study client/bisnis yang serupa, Anda bisa melihat hasil yang sama kemungkinan besar juga terjadi untuk bisnis Anda.

Langkah #4: Lihat apa fokus/KPI dari Agency tersebut

Setiap bisnis pasti mempunyai Key Performance Indicator (KPI) nya sendiri.

Dan saya yakin KPI dari kebanyakan bisnis yang sedang berkembang adalah omzet/sales/profit…

BUKAN traffic. BUKAN klik. BUKAN like…

Tentu, hal-hal tersebut juga penting untuk mendapatkan informasi tentang feedback customer ke marketing campaign yang Anda lakukan…

Tapi pastinya, ujung-ujungnya adalah omzet/sales/profit.

Inilah yang Anda perlu cari tau.

Apakah partner Agency Anda mampu untuk mempunyai fokus KPI yang sama dan senada dengan KPI bisnis Anda.

Jika KPI Anda adalah omzet/sales/profit dan jika ternyata Agency tersebut hanya handal dalam membuat “konten cantik” yang menghasilkan banyak like, tapi tidak menghasilkan omzet/sales/profit…

Anda perlu hati-hati.

Langkah #5: Cari tau apakah Agency tersebut merupakan “Full-service Digital Marketing Agency”

Sangat krusial untuk Anda tau apakah Digital Marketing Agency tersebut hanya bisa satu aspek dari Digital Marketing…

atau apakah Agency tersebut bisa menjalankan semua yang dibutuhkan untuk meledakkan omzet bisnis Anda.

Nah ini sangat penting karena pasti lebih mudah bagi Anda untuk bekerjasama dengan 1 agency yang bisa menjalankan semuanya, daripada bekerjasama dengan 5 agency berbeda.

Nah ini beberapa tipe Agency umum yang ada di Indonesia:

-Branding Agency: Menurut kami, ini adalah agency yang fokus ke ‘brand’, biasanya ini lebih cocok untuk bisnis yang sudah mencapai minimal 5 miliar per tahunnya.

-SEO Agency: Ini adalah agency yang fokus untuk membuat bisnis Anda muncul di pilihan pertama ketika orang men-search suatu keyword di Google. Menurut kami, agency ini sangat bagus jika customer Anda berada di Google, dan jika Anda sudah tau offer yang tepat.

-Video/Creative Agency: Terutama jika ideal buyers Anda adalah milenial… creative yang bagus adalah salah satu psychological trigger untuk mereka membeli.

-Web Design Agency: Agency ini sangat sangat sangat penting, karena website adalah “tulang belakang” dari bisnis Anda.

-Social Media Marketing Agency: Biasanya ini terbagi menjadi agency social media yang mengurus konten, atau advertisement. Jika Anda baru memulai, saran kami adalah menggunakan advertisement terlebih dahulu untuk men-test offer Anda.

-Full Service/Growth Digital Marketing Agency: Ini adalah agency yang fokus di mengembangkan bisnis Anda. Memikirkan strategi, dan bukan ‘trik’ atau ‘gimik’ untuk meledakkan omzet bisnis Anda.

Manusa termasuk kategori ini.

Fokus kami adalah bagaimana bisnis Anda bisa meraih ideal buyers dengan efisien, bagaimana ideal buyers tersebut mau membeli produk/servis Anda, dan bagaimana ideal buyers tersebut menjadi loyal pada brand Anda sehingga mereka repeat order/share tentang brand Anda ke teman-temannya.

Kesimpulan tentang jasa Digital Marketing di Indonesia

Jika Anda memutuskan untuk partner dengan Digital Marketing Agency di Indonesia, pastikan bahwa Anda sudah research dan memperhatikan 5 langkah di atas.

Dan pastinya, good luck untuk Anda!

Jika Anda perlu bantuan untuk Digital Marketing Anda, Anda bisa mendapatkan Strategy Session 30 menit senilai 10 juta rupiah secara GRATIS.

Anda cukup klik tombol di bawah untuk mendapatkan slot Strategy Session Anda.

Get your extreme competitive advantage

Let our growth experts explode your sales! But first, we will listen and understand your needs, only then will we know how we can help you.

SPEAK WITH
A STRATEGIST

PT. Manusa Muda Berkarya

The Prominence Office Tower Level 28 Unit C

Jl. Jalur Sutera Bar. No.15, Alam Sutera, Kota Tangerang, Banten

FREE
CONSULTATION